Langsung ke konten utama

Klaim garansi / RMA Harddisk Seagate

Saya tujukan post ini untuk teman-teman yang memiliki harddisk Seagate dan ingin tau cara klaim garansi / RMA Harddisk Seagate.

Klaim Garansi Harddisk Seagate
Untuk klaim garansi Harddisk Seagate, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek distributor Harddisk Seagate anda. Di Indonesia, terdapat 2 buah distributor (sepengetahuan saya), yaitu: 
  • Terra Computer / IT Clinic, no telp dan alamat dapat dicek DISINI
  • ATIKOM, no telp dan alamat dapat dicek DISINI
Ketika anda menghubungi salah satu diantara 2 distributor diatas, mereka akan menanyakan Serial Number (S/N) dan Part Number (P/N) dari harddisk anda, jadi persiapkan dahulu sebelum anda menghubunginya. Jika distributor tersebut mengakui bahwa harddisk tersebut adalah "miliknya" maka anda tinggal klaim garansi anda ke alamat distributor tersebut.
Namun apabila tidak ada yang mengakuinya bagaimana? Saya hanya dapat mengatakan kasian deh loe :D
Eits, jangan langsung pergi dari blog ini ya..ternyata ada satu cara lagi, yaitu dengan RMA (Return Merchandise Authorization) dengan mengembalikan harddisk anda ke pabriknya dan pabriknya akan mengganti harddisk anda dengan harddisk yang telah di-refurbish atau diperbaiki dengan standarisasi pabrikannya. Hal ini yang juga saya alami dengan harddisk external Seagate Extension 500GB milik saya yang rusak karena tidak dapat diformat lagi, mungkin karena bad sector yang timbul akibat kelalaian saya menggunakan kabel data yang "putus-nyambung". Cukup curhatnya,  langsung aja to-the-point
RMA Harddisk Seagate
1. Buka situs Seagate, lalu ke drop-down-menu pilih Support - Warranty & Returns - Browse All, atau klik LINK INI

2. Kemudian akan muncul panduan langkah-langkah untuk RMA Harddisk Seagate. Yang pertama adalah mengecek apabila harddisk anda masih dalam masa garansi dengan mengeklik Check to see if your drive is under Warranty

3. Masukkan Serial Number dan Part Number Harddisk Seagate anda, masukkan captcha, klik Submit

4. Apabila terdapat tulisan "In Warranty" berarti Harddisk Seagate anda masih dalam masa garansi dan dapat dilakukan RMA, klik Create Return



5. Checklist return dan klik  Continue

6. Masukkan data-data yang diminta dan registrasi agar dapat mengetahui proses RMA Seagate, checklist I accept these Terms and Conditions   dan klik  Review Order/Payment

7. Review kembali data yang anda masukkan!! karena data tersebut yang akan menjadi acuan Seagate untuk mengirimkan produk pengganti kepada anda.

8. Pilih lokasi pengiriman produk anda, saya memilih PT UPS SCS Indonesia karena paling dekat dengan lokasi saya di Bekasi, mungkin jika anda berada di Sumatera akan memilih ke Singapore karena lebih dekat :D, lanjut ke form berikutnya

9. Proses return anda telah tercatat dalam database Seagate dan siap untuk menerima harddisk anda. Ingat untuk mencatat Order Number anda, karena digunakan untuk mengecek status RMA anda.

10. Klik Print a mailing label for the return product package untuk mencetak label yang digunakan untuk ditempelkan pada paket anda, berisi alamat anda dan alamat UPS serta Order Number

11. Paketkan harddisk anda dengan busa dan dus agar lebih aman dan tahan guncangan. Saya menggunakan JNE untuk mengirimnya ke PT. UPS. Apa saja yang perlu dikirimkan? klik DISINI


PERHATIAN!!
- RMA Harddisk Seagate hanya dapat dilakukan apabila harddisk anda belum pernah dibongkar. Untuk lebih lengkapnya lihat list klaim yang ditolak (rejected) dan diterima (accepted) dari situs resmi Seagate DISINI
- Apabila masih mungkin, backup data harddisk lama anda, karena Seagate tidak akan melakukan Data Recovery kecuali bila terdapat permohonan dengan biaya servis tambahan.


Untuk mengecek status pengiriman anda :
- Apabila telah diterima oleh Seagate, maka pada "Received by Seagate" akan tertulis "Yes".
- Jika anda meregistrasi RMA dengan mencantumkan alamat e-mail anda, maka ketika terdapat update proses akan dikirimkan ke alamat e-mail anda.
- Jika barang telah diterima oleh Seagate dan telah dikirimkan kembali ke anda melalui PT. UPS, anda dapat mengeceknya status pengiriman melalui http://www.ups.com/tracking/tracking.html dengan memasukkan TRACKING NUMBER yang dikirimkan melalui e-mail anda atau pada situs Seagate klik Shipment Details.


Semoga tulisan ini berguna bagi teman-teman semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Use X++ wildcard (LIKE and NOT LIKE) in X++ select statement

For x++ select statements:  select firstOnly batchHistory      where batchHistory.Caption  LIKE  "*Test*"  For x++ queries:  queryBuildRange.value(*Test*); Note the LIKE instead of a '==' and the wildcards inside of the quotations. All other combinations of wildcard usage will work here. This is the same functionality as what the users would put in the grid filtering(eg. '*TEST*' in the caption field filter on the batch tasks form).  However, if you want to find all Captions that do not have the word Test in them (NOT LIKE, !LIKE), you will have to modify the above example slightly.  For x++ select statements:  select firstOnly batchHistory      where  !( batchHistory.Caption LIKE "*TEST*" ) ;  For x++ queries:  queryBuildRange.value(!*Test*);

Format Label Tom Jerry (MS Word)

Setelah beberapa lama aku tidak membuat label undangan, tiba-tiba kemarin aku diminta untuk membuat label undangan Wisuda dengan menggunakan label merek Tom & Jerry (TJ). Harusnya sih menjadi tugas sekretaris panitia tapi karena yang bersangkutan ada tugas di luar kantor maka aku yang membereskannya. Mula-mula aku membuat format labelnya dengan cara manual, tapi untung ada pak Mulyadi (staf tata usaha) yang menyarankan aku untuk mengunduh format label yang telah ada di Internet. Mulailah aku browsing di google dan menemukan format label berbagai ukuran dari website Tom & Jerry di alamat berikut  http://tjlabels.com/en/download.html  (yang link ini agak rempong krn pake masukin nomor captcha-captcha-an). Sedangkan kalau yang link ini langsung pilih file ga pake nomor captcha-captcha-an ( http://tjlabels.com/assets/download/ ). Ternyata juga ada banyak berbagai blog yang menyediakan  link download seperti ini, tapi aku mem- posting  artikel ini ...

Solved : Update on a valid time state table is not allowed without specifying a ValidTimeStateUpdateMode

How To Solve Error :  Cannot edit a record in Position hierarchies (xyz). Update on a valid time state table is not allowed without specifying a ValidTimeStateUpdateMode. select forUpdate * from xyz where xyz.recid== _RecId ; try { ttsBegin; _Value= “Abcd”; xyz.Name = _Value; xyz.validTimeStateUpdateMode(ValidTimeStateUpdate::Correction); xyz.ValidFrom =today(); xyz.ValidTo=dateMax(); xyz.update(); ttsCommit; } catch { ttsAbort; }